Tuesday, September 11, 2012

Ada Apa Dengan Anak-anak Masa Kini?

       Tak ada lagi pemandangan di ujung jalan gang atau komplek perumahan dimana anak-anak sedang bernyanyi “ambilkan bulan bu, ambilkan bulan bu yang selalu bersinar di langit” atau “can, dakocan keserempet delman bukan salah kusir dakocan gak mau minggir” Rasa nya sejak Sherina, Tasya dan terakhir Joshua beranjak gede gak ada lagi penyanyi cilik yang berseliweran di televisi. Acara musik anak-anak seperti tralala trilili, pesta ceria atau kring kring olala pun hilang gitu aja dari jadwal rutin televisi nasional. Saya masih inget dulu waktu sd selalu pingin pulang cepet biar gak ketinggalan nnton kring kring olala di TPI, sore nya nonton tralala trilili di rcti dan tergila-gila sama sosok kak ferry.
Salah satu yang bikin masa kecil saya terasa pas itu yah karena bisa dengerin lagu-lagu yang sesuai sama umur saya kala itu. Dengerin juga sih kayak dewa 19 atau padi tapi porsinya gak lebih banyak dari dengerin lagu anak-anak. Kaset sherina saya bahkan sampe rusak saking seringnya di setel. Tapi lihat deh sama anak-anak sekarang. Semua nyanyi lagu cinta-cintaan yang tentu aja belum pantes di denger sama mereka. Sial nya hal itu di perparah sama kenyataan munculnya penyanyi cilik berusia sd yang seliweran di televisi tiap hari bawain lagu cinta-cintaan. 
Satu contohnya katakan lah Coboy Junior. Waktu pertama kali liat mereka ngobrol-ngobrol sama MC di acara musik kacrut itu yang gak perlu disebut nama nya lah yah udah pada tau juga kan, saya lumayan seneng dan mikir wah asik juga nih sekarang ada penyanyi cilik bisa masuk tv. Eh pas denger lagu yang mereka nyanyiin, jedarrrrr. Kesel, heran, gak nyangka, semuanya jadi campur aduk. Mereka yang masih berusia anak-anak dengan fasih dan lincah nyanyiin lagu bertema cinta-cintaan. Dengan adanya mereka di televisi hampir setiap hari tentu aja akan makin banyak anak kecil yang tersesat nyanyiin lagu cinta-cintaan. Tapi si personel coboy junior itu tentu saja bukan pihak yang patut disalahkan atas keberadaan mereka dengan lagu eeaaa nya itu.
Coba kita tengok pihak-pihak yang berusaha ambil keuntungan dari mereka. Orang tua sih yang paling berperan. Misalnya mereka orang tua cerdas yang tau mana lagu yang pantes untuk dikonsumsi anak-anak mana yang gak tentu aja gak akan ada kejadian anak sd cerita soal cinta lewat lagu. Kalo produser mah gak usah dibahas lah ya, mereka mah cuma mikirin gimana caranya jualan biar dapet untung. Masalah moral anak-anak mah jauh lah dari pemikiran mereka. Gak habis pikir aja apa sih yang ada dalam pemikiran orang tua mereka sampai ngebiarin anak nya yang masih usia sd yang mungkin belum ngerti sama apa yang mereka nyanyiin itu memanfaatkan bakatnya buat suatu hal yang gak pantes?

1 comment: