Sunday, May 20, 2012

Cokelat Berulah Lagi?

Sebelum baca tulisan ini ada baiknya kalian dengerin dulu lagu Pure Saturday yang judulnya Cokelat. Nah kalo udah silahkan lanjut membaca. Sekitar 2 minggu yang lalu social media twitter mendadak rame ketika sebuah band indie pop asal kota kembang Bandung, Cherry Bombshell mengumumkan kalo mereka akan manggung di sebuah tv show yang belakangan ini memberikan angin segar buat penikmat musik independen. Dengan berani mereka menampilkan band-band non mainstream untuk mempertontonkan musik nya dan disiarkan secara live selama kurang lebih 3jam. Ya radioshow namanya, hadir di tv one.

Dalam akun twitter resmi nya Cherbomb mengumumkan mereka akan main pada sabtu, 19 mei 2012, langsung dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Tentu aja banyak yang senang dan ga sabar nunggu tanggal 19 itu. Karena cherbomb merupakan salah satu band yang terbilang jarang banget manggung. Eh ini sekali nya manggung di siarin di tv pula. Tentu aja semua yang ngefans sama mereka menyambut dengan semangat.

Nah pas tiba hari h nya setiba saya di rumah dari lembur di kantor tiba-tiba twitter kembali rame dengan berita cherbomb di radio show itu. Tapi kali ini berita nya berita buruk dan bikin jengkel. Ya ternyata diumumkan kalo mereka batal main di radioshow dan penyebabnya adalah karena ga dapat izin dari aparat keamanan. What?? Gilaaaa.

Itu kalimat pertama yang keluar dari mulut saya pas denger berita tersebut. Dan ternyata udah sampe masuk detik segala berita nya. Dari berita yang saya baca saya lumayan menemukan beberapa keganjilan.

Pertama, alasan kepolisian yang terkesan mengada-ada. Di bilang izin tidak diberikan karena Cherbomb band cadas dan memiliki fans yang sering rusuh. Helloooo cokelatttt, kalo ngomong tuh mbok ya survey dulu lah supaya ga keliatan bego nya. Sejak kapan cherbomb jd band cadas? Trus ya kalo emang cherbomb band cadas dan penonton nya bikin rusuh ya di situ lah tugas kepolisian untuk mengamankan gimana cara nya supaya ga rusuh. Itu kan kerjaan kepolisian? Kedua, katanya masyarakat merasa terganggu dengan ada nya acara musik. Nah sementara pihak UPI nya bilang kalo selama ini warga ga pernah protes kalo disana ada acara musik dan lagipula ini juga bukan pertama kali nya ada acara musik di UPI dan ga pernah sekalipun terjadi kerusuhan. Hayooo jadi masyarakat mana yang merasa terganggu? Kenapa bisa ada perbedaan statement gini? Trus yang ketiga, kalo emang acara ini belum dapat izin dari kepolisian kok bisa sih pihak Radioshow udah publish acara ini dan ga ngasih info sebelumnya ke pihak Cherbomb soal masalah perizinan yang belum beres. "Belum di kasih tau tuh, tau-tau pas jam 3 kita lagi check sound ada polisi datang nyuruh ngebongkar panggung", cerita Arief, drummer Cherbomb.

Sebagai sebuah program televisi di stasiun tv swasta yang sudah profesional harusnya hal perizinan itu udah bisa selesai sebelum hari H kan? Dengan kejadian ini tentu saja banyak pihak yang dirugikan. Pertama udah pasti para pengisi cara yang mungkin aja kan udah nolak job lain karena udah terlanjur deal sama mereka. Selanjut nya tentu aja fans yang bahkan ada yang jauh dari Samarinda untuk nonton band idola mereka. Disini nampak mereka ga mempertimbangkan hal tersebut. Trus dasar-dasar si polisi juga yang tidak masuk akal kenapa acara ini tidak boleh diselenggarakan. Saya jadi penasaran mereka tuh punya tim survey ga sih yang cari tau dulu mengenai acara seperti apa yang minta izin mereka. Di sini saya semakin miris dengan birokrasi aparat yang terkesan memandang sebelah mata untuk acara-acara musik di Bandung. Sebelumnya saya udah sering dengar kalo di Bandung memang susah venue untuk pertunjukan musik. Tapi sampai skarang saya masih belum menemukan alasan yang tepat kenapa acara musik dilarang? Jadi sebenarnya polisi itu apa sih kerjaan nya selain nilang dan ngelarang acara musik?

Dari banyak acara non mainstream yang pernah saya kunjungi di Bandung belum pernah ada yang rusuh. Saya malah sering liat berita konser yang sering rusuh itu ya konser nya wali atau st12. Jadi ya agak aneh aja sih justru musik-musik berkualitas yang malah dilarang. Padahal selama ini banyak banget musisi di Bandung yang sudah bikin bangga kota Bandung dengan prestasi mereka di luar negeri. Jadi sekali lagi saya tanya apa tugas kepolisian kalo bukan untuk mengamankan? Dan kenapa mereka begitu nampak bodoh dengan asal ngomong soal siapa itu Cherbomb? Saya berharap ga ada lagi kejadian acara musik gagal dilaksanakan karena soal perizinan kepolisian dan penyelenggara yang ga becus ngurus soal ini. Tapi selain itu saya juga berharap musisi-musisi bandung khususnya Cherbomb ga kapok nerima tawaran main di tv. Karena kapan pun mainnya kami akan selalu sabar nunggu dan tetap mencintai musik kalian. Bravooo..

Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments:

Post a Comment