Wednesday, January 2, 2013

5 Gigs Terfavorit 2012


Sepanjang tahun 2012 ini banyak banget pertunjukan musik diselenggarakan. Hampir setiap minggu selalu ada aja gigs yang diadain, baik kecil-kecilan di komunitas maupun yang gede-gedean dengan konsep festival. Sebelumnya saya memang selalu menyempatkan minimal sebulan sekali buat datang ke gigs. Tapi setelah saya bergabung dengan salah satu radio streaming paling hits di Jakarta (Berisik Radio), hahaha oke ini lebay, saya jadi makin sering datang ke gigs. Selain dapat freepass, kesempatan buat wawancara band idola merupakan kesempatan yang saya syukuri. Soalnya dari dulu juga kan ingin nya jadi jurnalis musik kayak Lupus. Meskipun bukan di HAI tapi saya seneng kok ada di posisi sekarang, hehe. Oke balik lagi ke gigs, dari banyak nya gigs yang saya datangi, sekarang saya mau bikin 5 gigs terfavorit sepanjang tahun 2012. Sebenernya agak susah sih milihnya, tapi saya coba lah. Ini dia, sikat jhonnnnn!!

1.       Grey Concert
Grey Concert ini adalah konser launching album terbarunya Pure Saturday yang berjudul Grey. Saya gak bisa bilang gak buat konser ini. Tiket seharga 125rb rupiah pun saya tebus demi nonton konser tunggal band kesayangan saya ini. Harga yang masuk akal buat sebuah pertunjukan tunggal di sebuah gedung pertunjukan yang keren pula. Waktu itu konser ini diadakan di Gedung Kesenian Jakarta, 15 Mei 2012. Awalnya saya sempat protes karena harus duduk sepanjang nonton konser. Gimana caranya nikmatin musik Pure Saturday sambil duduk? Tapi pas konser nya dimulai, saya tarik semua protes saya. Konser yang digarap sama G Production itu menghadirkan Pure Saturday dengan konsep yang keren dan beda banget. Malam itu Iyo, vocalis nya PS nyanyi sambil berakting sesuai dengan tema dan isi lagu yang dibawakan. Muka nya di cat, bawa pedang, bahkan pake legging segala, hahahaa kapan lagi coba liat dia dandan kayak gitu. Selain membawakan materi album baru, tentu aja mereka juga membawakan sejumlah lagu lama yang udah akrab ditelinga semua yang datang malam itu. Setelah 5 tahun menantikan album baru mereka, malam itu saya puas banget sama semua lagu yang mereka hasilkan. Seneng, terharu, bangga, semuanya jadi satu malam itu.  Kesan intim pun tergambar malam itu karena setelah konser masih ada signing session dan kumpul-kumpul bareng Pure People Jakarta dan Bandung yang juga ikut datang. Cerita lengkapnya kalian bisa liat di sini

2.       ICU 121212
Satu lagi living legend indie band yang keluar sarang. Yup band yang bubar sejak tahun 2004, akhirnya memutuskan buat reunian dan ngeluarin album baru. Padahal sebelumnya saya lumayan pesimis mereka bakal reunian dan rilis album lagi. Berita ini tentu aja bikin saya seneng banget karena seumur-umur ngefans sama mereka saya baru sekali nonton live mereka yaitu waktu ulang tahun owner nya twins music tahun 2010 di Bulungan. Jadi pengumuman kalo mereka bakal menggelar konser launching album yang diberi tajuk 1+2 ini bikin saya ga sabar nunggu nya. Yang menyenangkan lagi saya boleh meliput acara tersebut buat Berisik Radio. Gigs yang diselenggarakan di Eclectic Bar, Citos, oleh SRM Band ini lumayan ngaret, entah karena apa. Akhirnya kira-kira jam 21.30 wib acara dimulai dengan penampilan dari L’alphalpha yang didaulat sebagai band pembuka. Setelah membawakan 4 lagu, gigs dilanjutkan dengan penampilan dari Ballads of The Cliche. Mungkin mereka sadar kali yah kalo penonton udah ga sabar mau nonton Rumahsakit hahaa makanya mereka mencoba menghangatkan suasana dengan membawakan sejumlah lagu dari band-band british era 90an yaitu PULP, Placebo, The Wannadies sampe Stone Roses. Dan penampilan mereka berhasil bikin suasana panas dan semakin siap buat menyambut penampilan Rumahsakit. Nah yang ditunggu-tunggu pun akhirnya muncul ke atas panggung. Satu per satu personel Rumahsakit muncul dan mereka membuka dengan lagu Hilang. Karaoke massal langsung terjadi tanpa komando. Mantappp lah pokoknya. Semua nyanyi sampe suara sang vokalis ga kedengeran lagi. Saya ngeliat banyak banget yang terharu sama gigs malam itu, saya pun histeris banget ngeliat band yang saya nantikan sejak lama akhirnya bisa tampil di depan mata. Dan saya berhasil berada dideretan depan panggung. Jaraknya gak sampe semeter bray. Suara Andri Lms yang masih fals dan sound yang sesekali juga fals udah ga jadi masalah lagi yang penting idola saya balik, haha, mungkin itu juga yang ada dipikiran 500 orang yang malam itu hadir disana. Total mereka membawakan 10 lagu malam itu. Sedikit sih emang tapi sebagai gigs pemanasan comeback nya mereka udah puas lah. Alhamdulillah itu juga bisa liat mereka lagi, hehe. Cerita lengkapnya bisa liat di sini.

3.       17th anNAIFersary
Yoi, sesuai nama acaranya, gigs ini diadakan dalam rangka ulang tahun NAIF yang ke 17. Gigs berlokasi di HardRock Cafe, Jakarta pada 22 Oktober 2012. Nah gigs yang satu ini juga lumayan ngaret. Yah begitu lah di Jakarta mah jarang banget ada gigs yang ontime. Acara baru dimulai jam 10 malem. Tapi ngaret nya itu kebayar banget karena NAIF bawain 32 lagu mennnn. Coba lo sebutin apa lagu NAIF fav lo? Semuanya pasti ada dideretan setlist mereka. Bahkan lagu-lagu yang selama ini jarang dibawain secara live malam itu mereka sikat buat menghibur KawaNaif. Ya namanya juga hajatan ulang tahun udah selayaknya sih dirancang special. David juga berkomunikasi akrab sama semua yang dateng. Di tengah acara juga sempet ada acara tiup lilin dan berdoa bersama semoga NAIF tetap jaya selalu. Yeay. Saya puas banget lah malam itu. Pulang-pulang dengan kaki gempor dan pinggang encok karena harus berdiri 3 jam terbayar sama perasaan happy. Buat tau cerita lengkapnya bisa baca di sini

4.       Angklung Night Tribute To The Beatles
     Baru kali ini saya penasaran sama gigs tribute to the beatles. Sebagai pengagum The Beatles saya sering malas datang ke acara dimana seluruh penampilnya akan membawakan lagu The Beatles karena saya pesimis akan ada band yang membawakan lagu-lagu The Beatles dengan layak. Tapi akhirnya saya tertarik buat menyaksikan gigs tribute ini. Sempet gak yakin juga bakal bisa datang ke gigs ini karena harga tiket yang ditawarkan lumayan mahal. Kalo di Jakarta mungkin ga terlalu masalah. Tapi ini di Bandung, yang buat ke sana aja saya mesti mikirin ongkos dan biaya makan selama di sana. Nah berbekal otak yang mikirnya lebih pinter kalo sedang kepepet saya pun kepikiran buat ngajakin si EO nya kerjasama. Ehh tau nya malah mereka duluan yang minta Berisik Radio buat jadi media partner karena ternyata belum ada media Jakarta yang support. Pucuk di cinta ulam pun tiba namanya haha. Setelah berbalas email, berangkat lah saya ke Bandung bahkan bisa ngajak beberapa personel Rombongan Sirkus juga karena masih ada freepass lebih. Dan yakkk penasaran saya dijawab dengan decak kagum sepanjang pertunjukan. Alunan merdu musik angklung Saung Udjo waktu membawakan nomor-nomor hits The Beatles bikin saya semakin bangga sama kesenian tradisional Indonesia, khususnya sunda. Gak pernah terbayang sebelumnya ada orang yang kepikiran buat bawain lagu the Beatles pake instrumen angklung. Salut lah buat panitia yang udah bikin konsep unik dan juara kaya gitu. Bahkan bukan cuma bisa dengerin, di tengah acara penonton juga diajarin cara memainkan lagu The Beatles pake angklung. Seruuu banget lah pokoknya. Cerita lengkapnya saya tulis di sini.

5.       Djakarta Artmosphere
Untuk keempat kali nya, G Production menggelar acara bertajuk Djakarta Artmosphere. Konsep acara ini juga orisinil banget dengan menggabungkan musisi senior dengan musisi jaman sekarang di satu panggung. Bukan cuma main di satu panggung, para musisi tersebut bahkan berkolaborasi. Nah pada kesempatan malam itu, yang paling saya tungguin sih The SIGIT karena lumayan udah lama juga ga nonton mereka. Eh ternyata mereka main pertama bareng Benny Soebardja. Ya udah pada tau lah yah The SIGIT tuh kalo main kaya apa. Kolaborasinya cukup seru dan nyatu sih padahal Benny Soebardja saat itu sedang dalam kondisi kurang fit karena baru selesai operasi jantung. Salut lah sama profesionalisme nya. Selanjutnya ada kolaborasi Zeke Khaseli sama Ermi Kullit yang menurut saya sih biasa aja karena kurang interaksi diantara mereka. Trus ada juga The Upstairs yang dipasangin sama Andi Ayunir. Nah ini nih yang gokil. Di tengah pernampilan, tiba-tiba muncul Ikang Fawzi kolaborasi sama mereka bawain Catatan Si Boy. Biarpun udah gak muda, Ikang Fawzi tetap tampil energik banget. Asik lah kolaborasi mereka. Dan terakhir ada pasangan kolaborasi Shaggy Dog sama Bob Tutupoli. Mereka menyingkat kolaborasi mereka dengan Shaggy Bob hahaa. Lumayan surprise juga denger lagu Widuri dibawain dengan aransemen khas Shaggy Dog. Penampilan mereka bikin semua orang yang dateng malam itu ga sungkan buat ikutan joget. Salut lah buat semua pengisi acaranya. Dan dua jempol buat G Production yang bisa menghadirkan DjakSphere 4 tahun berturut-turut dengan kejutan-kejutan yang gak kalah keren dibanding taun sebelumnya. Cerita lengkapnya bisa baca di sini

Nah, itu dia 5 gigs terfavorit saya sepanjang tahun 2012. Ada yang samaan gak? Kalo ada toss dulu lah kita hehe. Mudah-mudahan di 2013 makin banyak gigs kece yang bisa saya tonton. Sampai jumpa di lantai dansa. Cherio J

No comments:

Post a Comment